Wednesday, March 20, 2013

wawancara


Tugas bahasa Indonesia
Mewawancarai narasumber dengan tema pendidikan


Reporter         :  Selamat siang Bapak?

Narasumber   :  Selamat siang, dik. Ada yang bisa saya bantu?

Reporter         :  begini pak,kebetulan saya mendapat tugas mewawancarai salahsatu narasumber .dengan itu saya akan mewawancarai bapak .apakah Bapak mempunyai waktu dan bersedia kami wawancarai?

Narasumber   : kebetulan saya tidak sedang sibuk ,dan dengan senang hati saya bersedia menjadi narasumber .

1.Reporter :untuk tidak memperpanjang waktu langsung saja pada pokok permasalahan nya. masalah apa yang sering di hadapi siswa disini pak ?

Narasumber  : bermacam-macam tentunya ,seperti sering membolos,merokok di lingkungan sekolah ,sering telat ke sekolah ,tidak percaya diri , tidak mematuhi aturan ssekolah dan yang lain sebagainya .


2.Reporter : apa yang membuat mereka tidak patuh pada aturan sekolah pak ?

Narasumber: pasti nya semua itu tergantung pada lingkungan keluarga nya . Orang tua terlalu bersikap otoriter dalam mendidik anak-anaknya . Dalam lingkungan keluarga kurang mendapat penghargaan dari orang tua dan kurang diperhatikan, yang ada hnya selalu mendapat marah dari orang tua . itu lah yang membuatmereka jenuh . dan berbuat segala macam hal agar mendapat perhatian dari semua orang .
3.Reporter : wah berarti keluarga itu sangat berperan aktif dalam perkembangan mereka ya pak ?
Narasumber : ya tentunya keluarga sangan berperan ,keluarga merupakan wadah perkembangan anggota keluaraga terutama bagi remaja yang dalam masa peralihan .tetapi apabila pendidikan dalam keluarga itu gagal maka mereka akan susah mengontrol diri nya sendiri .

4.Reporter : selain pengaruh darikeluarga ,apakah diri sendiri juga berpengaruh ?

       Narasumber : ya itu pasti , Merasa tidak puas dengan keadaan diri ( secara fisik,ekonomi dll),Kebiasaan/ managemen waktu yang kurang baik,gangguan pada pemikiran ,

5.Reporter : jika pengaruh dari teman ada tidak pak?
       Narasumber : tentu ,proses mempelajari prilaku biasanya terjadi pada kelompok dengan pergaulan yangsangat akrab seperti teman ,

6.Reporter :tentunya semua masalah itu memiliki dampak serta akibat bagi mereka saat ini kedepannya.seperti apa contoh nya pak ?

Narasumber : iya ,di beri sanksi maupun  Di skorsing dan jika hukuman belum dapat membuat jera peserta didik,kebijakan selanjutnya adalah mengembalikan peserta didik kepada orang tuanya.kalo untuk kedepanya akan berakibat pada hidup mereka ,mereka cenderun g melakukan hal yang sama terhadap anak mereka kedepannya.

7.Reporter : bagaimana cara mencegah terjadinya masalah pribadi maupun social ?
      Narasumber :   Setiap siswa diwajibkan untuk selalu datang ke ruang BK,walaupun tidak ada masalah dan hanya sekedar membicarakan kegiatan yang telah dilakukannya.   membekali mereka dengan informasi tentang agama untuk membentengi mereka dari masalah-masalah itu

8.Reporter :Bagaimanakah cara mengatasi masalah pribadi atau sosial tersebut?
  mengajak mereka berdiskusi dan membuat kesepakatan agar mereka tidak mengulangi kesalahan mereka lagi.Memanggil orang tua untuk membicarakan permasalahan yang dihadapi anaknya.
9.reporter : Bagaimanakah upaya pengembangan jika anak itu sudah sembuh dari masalah pribadi atau sosial tersebut?
Narasumber :  tetap memantau mereka dan kadang kala mengajak mereka mengobrol dan menanyakan janji mereka yang telah siswa dan konselor lakukan dulunya serta menanyakan manfaat yang dapat diperoleh setelah melakukan

10.Reporter : apa harapan bapak kedepanya bagi remja?
Narasumber : ok.saya harap remaja-remaja saat ini lebih bias mengontrol emosi , memilah hal yang mana baik dan yang buruk .

11.Reporter : dan bagaimana harapan bapak untuk orang tua-orang tua di Indonesia ?
Narasumber : ya ..saya berharap tak banyak lagi anak yang di telantarkan ,tidak diperhatikan dan merasa musuh dengan orang tua nya sendiri.
.mulai dari sekarang didik anak dengan kasih saying tapi tegas ,

Reporter : baik ,terimakasih untuk waktu nya pak?
Narasumber : ya semoga saja .terimaksih kembali ,

Reporter : selamat siang pakk?
Narasumber : selamat siang dik.

No comments:

Post a Comment