Tugas bahasa Indonesia
Mewawancarai narasumber dengan tema pendidikan
Reporter
: Selamat siang Bapak?
Narasumber
: Selamat siang, dik. Ada yang bisa saya bantu?
Reporter : begini pak,kebetulan saya mendapat tugas mewawancarai salahsatu narasumber .dengan itu saya akan mewawancarai bapak .apakah Bapak mempunyai waktu dan bersedia kami wawancarai?
Narasumber
: kebetulan saya tidak sedang sibuk ,dan dengan senang hati saya bersedia
menjadi narasumber .
1.Reporter :untuk
tidak memperpanjang waktu langsung saja pada pokok permasalahan nya. masalah
apa yang sering di hadapi siswa disini pak ?
Narasumber
: bermacam-macam tentunya ,seperti
sering membolos,merokok di lingkungan sekolah ,sering telat ke sekolah ,tidak
percaya diri , tidak mematuhi aturan ssekolah dan yang lain sebagainya .
2.Reporter : apa yang
membuat mereka tidak patuh pada aturan sekolah pak ?
Narasumber: pasti nya semua itu tergantung pada lingkungan
keluarga nya . Orang tua terlalu bersikap otoriter dalam mendidik anak-anaknya
. Dalam lingkungan keluarga kurang mendapat penghargaan dari orang tua dan
kurang diperhatikan, yang ada hnya selalu mendapat marah dari orang tua . itu
lah yang membuatmereka jenuh . dan berbuat segala macam hal agar mendapat
perhatian dari semua orang .
3.Reporter : wah berarti keluarga itu sangat berperan aktif
dalam perkembangan mereka ya pak ?
Narasumber : ya tentunya keluarga sangan berperan ,keluarga
merupakan wadah perkembangan anggota keluaraga terutama bagi remaja yang dalam
masa peralihan .tetapi apabila pendidikan dalam keluarga itu gagal maka mereka
akan susah mengontrol diri nya sendiri .
4.Reporter
: selain pengaruh darikeluarga ,apakah diri sendiri juga berpengaruh ?
Narasumber : ya itu pasti , Merasa tidak puas dengan keadaan diri (
secara fisik,ekonomi dll),Kebiasaan/ managemen waktu yang kurang baik,gangguan
pada pemikiran ,
5.Reporter
: jika pengaruh dari teman ada tidak pak?
Narasumber : tentu ,proses mempelajari prilaku biasanya terjadi pada
kelompok dengan pergaulan yangsangat akrab seperti teman ,
6.Reporter :tentunya
semua masalah itu memiliki dampak serta akibat bagi mereka saat ini
kedepannya.seperti apa contoh nya pak ?
Narasumber
: iya ,di beri sanksi maupun Di skorsing
dan jika hukuman belum dapat membuat jera peserta didik,kebijakan selanjutnya
adalah mengembalikan peserta didik kepada orang tuanya.kalo untuk kedepanya
akan berakibat pada hidup mereka ,mereka cenderun g melakukan hal yang sama
terhadap anak mereka kedepannya.
7.Reporter : bagaimana cara mencegah terjadinya masalah pribadi
maupun social ?
Narasumber : Setiap siswa
diwajibkan untuk selalu datang ke ruang BK,walaupun tidak ada masalah dan hanya
sekedar membicarakan kegiatan yang telah dilakukannya. membekali
mereka dengan informasi tentang agama untuk membentengi mereka dari
masalah-masalah itu
8.Reporter
:Bagaimanakah cara mengatasi masalah pribadi atau sosial tersebut?
mengajak
mereka berdiskusi dan membuat kesepakatan agar mereka tidak mengulangi
kesalahan mereka lagi.Memanggil orang tua untuk membicarakan permasalahan yang
dihadapi anaknya.
9.reporter
: Bagaimanakah upaya pengembangan jika anak itu sudah sembuh dari masalah
pribadi atau sosial tersebut?
Narasumber
:
tetap
memantau mereka dan kadang kala mengajak mereka mengobrol dan menanyakan janji
mereka yang telah siswa dan konselor lakukan dulunya serta menanyakan manfaat
yang dapat diperoleh setelah melakukan
10.Reporter
: apa harapan bapak kedepanya bagi remja?
Narasumber
: ok.saya harap remaja-remaja saat ini lebih bias mengontrol emosi , memilah
hal yang mana baik dan yang buruk .
11.Reporter
: dan bagaimana harapan bapak untuk orang tua-orang tua di Indonesia ?
Narasumber
: ya ..saya berharap tak banyak lagi anak yang di telantarkan ,tidak
diperhatikan dan merasa musuh dengan orang tua nya sendiri.
.mulai
dari sekarang didik anak dengan kasih saying tapi tegas ,
Reporter
: baik ,terimakasih untuk waktu nya pak?
Narasumber
: ya semoga saja .terimaksih kembali ,
Reporter
: selamat siang pakk?
Narasumber
: selamat siang dik.